Definisi teknologi dan informasi dan multimedia




Definisi teknologi informasi dan multimedia

Pengertian Multimedia
Kata “Multimedia” secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengkomunikasikan lebih dari satu cara. Beberapa pengertian lain dari Multimedia, yaitu:
1.      Multimedia adalah media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, video, dan interactivity) untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton.
2.      Multimedia adalah Sebuah kombinasi dari bermacam-macam media termasuk suara, animasi, video dan grafis.
3.      Multimedia adalah komunikasi yang menggunakan berbagai kombinasi dari media yang berbeda, dengan atau tanpa menggunakan komputer, dimana termasuk penggunaan tulisan (text), suara, musik, gambar, animasi, dan video.
4.      Multimedia adalah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau lebih dari elemen-elemen seperti: tulisan (text), grafis, animation, full-motion images, still video images, dan sound.

Klasifikasi Media
1.      Media Persepsi : bagaimana manusia mempersepsikan informasi dalam lingkungan computer.
2.      Media representasi : bagaimana kode informasi computer.
3.      Media presentasi : melalui media mana informasi dikirim oleh komputer atau dimasukkan ke dalam computer.
4.      Media penyimpanan : dimana informasi akan disimpan.
5.      Media tranmisi : melalui medium apa informasi itu akan dikirimkan.
6.      Media pertukaran informasi : informasi pembawa mana yang akan digunakan untuk pertukaran informasi diantara tempat-tempat yang berbeda.

Elemen multimedia
1.      Text
Tulisan adalah dasar dari semua aplikasi mulltimedia yang akan kita buat. Penggunaan berbagai macam gaya, font dan warna dari tulisan dapat dipakai untuk menonjolkan tema tertentu.
2.      Images
Melihat sebuah gambar dari sebuah obyek dapat memberikan dampak yang lebih besar jika dibandingkan dengan hanya membacanya, misalnya sebuah karya seni lukis, seni grafis, karya fotografi atau gambar dari video.
3.      Movies / Video
Dengan menggunakan gambar hidup, kita dapat memberikan sebuah presentasi menjadi lebih menarik, kaya dan hidup.
4.      Animation
Dalam Multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.
5.      Sound / Audio
PC multimedia tanpa adanya bunyi hanya akan disebut unimedia, bukan multimedia.
6.      User Control / Interactivity
(eprints.undip.ac.id/19201/1/Multi_pert1.pdf)
BENTUK MULTIMEDIA
Dalam pengembangannya multimedia dapat dibagi menjadi dua, yakni multimedia linier dan multimedia interaktif.
1.    Multimedia Linier
Multimedia linier adalah multimedia yang bersifat sekuensial atau berurutan, setiap siswa atau pemakai multimedia ini menggunakannya sesuai dengan urutan setahap demi setahap sesuai dengan pengemasan materi yang ditentukan. Siswa belajar berdasarkan bagian-bagian yang didesain sedemikian rupa secara berurutan dengan waktu yang telah ditentukan.
Multimedia linier ini tidak dilengkapi oleh alat pengontrol yang dapat digunakan oleh pengguna, sehingga tampilan yang akan dijelaskan berjalan sendiri sesuai dengan urutan yang telah terprogram. Sehingga, pengguna tidak dapat mengoprasikan program yang telah berjalan. Multimedia ini berjalan lurus dan berurutan, contohnya seperti TV dan film.
TV dan film adalah media yang terprogram yang tidak dapat dikontrol oleh pengguna pada saat proses penampilan. Sifatnya berurutan dan berjalan lurus. Contonya pada saat guru menggunakan media TV pada saat pembelajaran, maka siswa mengamati isi materi dari TV tersebut dari awal sampai akhir secara berurutan.
Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia linier adalah media yang tidak dapat dioprasikan oleh pengguna dan pengguna hanya dapat menyimak isi dari media tersebut.
Contoh dari multimedia linier ini adalah program di stasiun televisi di channel Trans 7 yakni Khazanah, isi dari program televisi ini adalah tentang sejarah-sejarah Islam mulai dari sejarah Nabi sampai akhir zaman berdasarkan Al-Qura’an dan Hadits, seperti sejarah dari ilmuan yang bernama Ibnu Batuta yang mencari kebenaran bentuk bumi yang sebenarnya. Ibnu Batuta mencari kebenaran bentuk bumi dengan mengelilingi dunia hampir 24 tahun dengan teori-teorinya, ia menyimpulkan bahwa bentuk bumi adalah bulat.
2.    Multimedia Interaktif
Multimedia interaktif adalah suatu tampilan multimedia yang dirancang oleh desainer agar tampilannya memenuhi fungsi menginformasikan pesan dan memiliki interaktifitas kepada penggunanya (User). Sesuai dengan namanya, program multimedia ini deprogram atau dirancang untuk dipakai oleh siswa secara individual (belajar mandiri). Saat siswa mengaplikasikan program ini, ia diajak untuk terlibat secara auditif, visual, dan kinetic, sehingga dengan pelibatan ini dimungkinkan informasi atau pesannya mudah dimengerti.
Multimedia interaktif ini dilengkapi oleh alat bantu seperti komputer, keyboardmouse, dan lain sebagainya. Siswa dapat mengoprasikan program yang telah diatur sesuai dengan apa yang telah dibutuhkan atau yang diinginkan. Siswa akan mendapatkan umpan balik dari media yang telah dipilih berbentuk informasi yang berupa teks, gambar, video, audio, dan interaktif.
Contoh dari multimedia interkatif ini adalah komputer. Pada saat siswa menggunakan komputer maka siswa akan berinterkasi dengan komputer dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio. Dalam bentuk teks misalnya pada saat siswa membuka Microsoft Office Word, maka siswa akan menemukan bentuk tipe tulisan (font), ukuran tulisan (size font), warna tulisan (font color), tulisan tebal, miring, bergaris, dan lain-lain. Contoh dari keseluruhan bentuk multimedia interaktif di komputer adalah film yang berteks, film ini tampilannya sudah terunsur subtitle, gambar tiga dimensi, dan suara. Pada saat siswa melihat film dalam komputer maka siswa dapat melakukan interaksi dengan isi yang terkandung dalam film tersebut. Dalam interkasi yang melibatkan penglihtan, pendengaran, dan pemahaman siswa juga dapat mengoprasikannya sesuai dengan apa yang diinginkan.
Contoh lain dalam mata pelajaran PAI yang menggunakan multimedia interaktif adalah pada saat mata pelajaran SKI, disini guru mencontohkan sejarah Islam dengan menayangkan video yang berhubungan dengan isi mata pelajaran. Pada saat proses penayangan video ini siswa terlibat dan menggunakan penglihatan, pendengaran, dan kineticnya dalam menerima informasi yang telah ditayangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - jenis ulir dan fungsinya

Struktur Organisasi Dalam Mengambil Keputusan

Pemanfaatan Multimedia