Definisi teknologi dan informasi dan multimedia
Definisi teknologi informasi dan multimedia
Pengertian Multimedia
Kata “Multimedia” secara sederhana dapat
diartikan sebagai kemampuan untuk
mengkomunikasikan lebih dari satu cara. Beberapa pengertian lain dari Multimedia, yaitu:
1.
Multimedia
adalah media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses
informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, video, dan interactivity)
untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton.
2.
Multimedia
adalah Sebuah kombinasi dari bermacam-macam media termasuk suara, animasi,
video dan grafis.
3.
Multimedia
adalah komunikasi yang menggunakan berbagai kombinasi dari media yang berbeda,
dengan atau tanpa menggunakan komputer, dimana termasuk penggunaan tulisan
(text), suara, musik, gambar, animasi, dan video.
4.
Multimedia
adalah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau
lebih dari elemen-elemen seperti: tulisan (text), grafis, animation,
full-motion images, still video images, dan sound.
Klasifikasi Media
1.
Media
Persepsi : bagaimana manusia mempersepsikan informasi dalam lingkungan computer.
2.
Media
representasi : bagaimana kode informasi computer.
3.
Media
presentasi : melalui media mana informasi dikirim oleh komputer atau dimasukkan
ke dalam computer.
4.
Media
penyimpanan : dimana informasi akan disimpan.
5.
Media
tranmisi : melalui medium apa informasi itu akan dikirimkan.
6.
Media
pertukaran informasi : informasi pembawa mana yang akan digunakan untuk
pertukaran informasi diantara tempat-tempat yang berbeda.
Elemen multimedia
1.
Text
Tulisan adalah dasar dari semua
aplikasi mulltimedia yang akan kita buat. Penggunaan berbagai macam gaya, font
dan warna dari tulisan dapat dipakai untuk menonjolkan tema tertentu.
2.
Images
Melihat
sebuah gambar dari sebuah obyek dapat memberikan dampak yang lebih besar jika
dibandingkan dengan hanya membacanya, misalnya sebuah karya seni lukis, seni
grafis, karya fotografi atau gambar dari video.
3.
Movies
/ Video
Dengan
menggunakan gambar hidup, kita dapat memberikan sebuah presentasi menjadi lebih
menarik, kaya dan hidup.
4.
Animation
Dalam Multimedia, animasi
merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar.
5.
Sound /
Audio
PC multimedia tanpa adanya
bunyi hanya akan disebut unimedia, bukan multimedia.
6.
User
Control / Interactivity
(eprints.undip.ac.id/19201/1/Multi_pert1.pdf)
BENTUK MULTIMEDIA
Dalam pengembangannya multimedia dapat dibagi
menjadi dua, yakni multimedia linier dan multimedia interaktif.
1.
Multimedia Linier
Multimedia linier adalah
multimedia yang bersifat sekuensial atau berurutan, setiap siswa atau pemakai
multimedia ini menggunakannya sesuai dengan urutan setahap demi setahap sesuai
dengan pengemasan materi yang ditentukan. Siswa belajar berdasarkan bagian-bagian
yang didesain sedemikian rupa secara berurutan dengan waktu yang telah ditentukan.
Multimedia linier ini tidak
dilengkapi oleh alat pengontrol yang dapat digunakan oleh pengguna, sehingga
tampilan yang akan dijelaskan berjalan sendiri sesuai dengan urutan yang telah
terprogram. Sehingga, pengguna tidak dapat mengoprasikan program yang telah berjalan.
Multimedia ini berjalan lurus dan berurutan, contohnya seperti TV dan film.
TV dan film adalah media yang
terprogram yang tidak dapat dikontrol oleh pengguna pada saat proses
penampilan. Sifatnya berurutan dan berjalan lurus. Contonya pada saat guru menggunakan
media TV pada saat pembelajaran, maka siswa mengamati isi materi dari TV tersebut
dari awal sampai akhir secara berurutan.
Berdasarkan pemaparan di atas,
dapat disimpulkan bahwa multimedia linier adalah media yang tidak dapat
dioprasikan oleh pengguna dan pengguna hanya dapat menyimak isi dari media
tersebut.
Contoh dari multimedia linier
ini adalah program di stasiun televisi di channel Trans 7 yakni Khazanah, isi
dari program televisi ini adalah tentang sejarah-sejarah Islam mulai dari sejarah
Nabi sampai akhir zaman berdasarkan Al-Qura’an dan Hadits, seperti sejarah dari
ilmuan yang bernama Ibnu Batuta yang mencari kebenaran bentuk bumi yang
sebenarnya. Ibnu Batuta mencari kebenaran bentuk bumi dengan mengelilingi dunia
hampir 24 tahun dengan teori-teorinya, ia menyimpulkan bahwa bentuk bumi adalah
bulat.
2. Multimedia
Interaktif
Multimedia interaktif adalah
suatu tampilan multimedia yang dirancang oleh desainer agar tampilannya
memenuhi fungsi menginformasikan pesan dan memiliki interaktifitas kepada
penggunanya (User). Sesuai dengan namanya, program multimedia ini deprogram
atau dirancang untuk dipakai oleh siswa secara individual (belajar mandiri).
Saat siswa mengaplikasikan program ini, ia diajak untuk terlibat secara
auditif, visual, dan kinetic, sehingga dengan pelibatan ini dimungkinkan
informasi atau pesannya mudah dimengerti.
Multimedia interaktif ini
dilengkapi oleh alat bantu seperti komputer, keyboard, mouse, dan lain sebagainya. Siswa dapat mengoprasikan
program yang telah diatur sesuai dengan apa yang telah dibutuhkan atau yang
diinginkan. Siswa akan mendapatkan umpan balik dari media yang telah dipilih
berbentuk informasi yang berupa teks, gambar, video, audio, dan interaktif.
Contoh dari multimedia interkatif ini adalah
komputer. Pada saat siswa menggunakan komputer maka siswa akan berinterkasi
dengan komputer dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio. Dalam bentuk teks
misalnya pada saat siswa membuka Microsoft Office Word, maka siswa
akan menemukan bentuk tipe tulisan (font), ukuran tulisan (size font),
warna tulisan (font color), tulisan tebal, miring, bergaris, dan
lain-lain. Contoh dari keseluruhan bentuk multimedia interaktif di komputer
adalah film yang berteks, film ini tampilannya sudah terunsur subtitle, gambar
tiga dimensi, dan suara. Pada saat siswa melihat film dalam komputer maka siswa
dapat melakukan interaksi dengan isi yang terkandung dalam film tersebut. Dalam
interkasi yang melibatkan penglihtan, pendengaran, dan pemahaman siswa juga
dapat mengoprasikannya sesuai dengan apa yang diinginkan.
Contoh lain dalam mata pelajaran PAI yang
menggunakan multimedia interaktif adalah pada saat mata pelajaran SKI, disini
guru mencontohkan sejarah Islam dengan menayangkan video yang berhubungan
dengan isi mata pelajaran. Pada saat proses penayangan video ini siswa terlibat
dan menggunakan penglihatan, pendengaran, dan kineticnya dalam menerima informasi
yang telah ditayangkan.
Komentar
Posting Komentar