SISTEM MANAJEMEN DAN SISTEM ORGANISASI DARI PERUSAHAAN INDUSTRI TEKNOLOGI


Ø  Latar Belakang
        Industri Teknologi terbukti menguasai dunia di era globalisasi ini. Dalam persaingan dunia bisnis, tidak lepas dari peranan e-bussiness, e-commerce yang serba teknologi. Ketatnya persaingan perusahaan ternama seperti kompetitor Samsung, Apple, Sony tentu mempunyai strategi manajemennya masing-masing. Sehingga dapat menarik minat konsumen. Penekanan pada biaya operasional, startegi pemasaran yang baik, produk yang dikeluarkan sesuai apa yang dibutuhkan konsumen merupakan langkah-langkah taruhan yang diambil oleh pihak perusahaan. Semakin banyak langkah yang diambil, semakin besar pula resikonya. Hasil pemikiran dan karya yang lebih inovatif dan kreatif selalu dikeluarkan oleh kompetitor-kompetitor ini. Contoh yang saya ambil dengan tiga perusahaan besar di atas adalah perusahaan yang telah sukses me-manage organisasinya. Bagaimana mereka mengelola, membuat perencanaan yang matang, mengkoordinir tubuh perusahaan tentu sudah sangat berpengalaman.
 Pokok Permasalahan
 Yang menjadi pokok permasalahan dalam makalah ini adalah:
1.       Bagaimana Sistem Manajemen dan Sistem Organisasi dari perusahaan Industri Teknologi
  Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:
1.      Memahami Sistem Manajemen dan Sistem Organisasi dari perusahaan Industri Teknologi .
Sistem Manajemen
          Sistem berasal dari bahasa Latin systēma atau bahasa Yunani sustēma yang berarti suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi.
manajemen berasal dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian sistem menurut beberapa ahli :
1.      Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran dan maksud. ( By Gordon B. Davis )
2.      Sistem adalah sekelompok bagian-bagian berupa alat dan lain sebagainya yang bekerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu. (Poerwadarminta)
3.      Sistem adalah sekelompok bagian atau komponen-komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.( By Salisbury)
4.      Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien. (By John Mc Manama)
Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :
1.      Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (By : Drs. Oey Liang Lee )
2.      Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan. (By : James A.F. Stoner)
3.      Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(By : Lawrence A. Appley)
      sistem adalah urutan/langkah sedangkan manajemen adalah ilmu seni dalam bekerja. Sistem manajemen adalah langkah yang indah dalam berencana, mengelola dan mengkoordinir dengan berpola. Banyak sistem manajemen untuk perusahaan yang bergerak di bidang industri. Ini bagaimana ia dapat bersaing bersama kompetitornya membutuhkan manajemen yang terkelola dengan baik.  Keputusan startegi bisnis bergantung pada :
1.      Produk yang dikeluarkan
2.      Tujuan jangka panjang perusahaan
3.      Pemasok, pesaing dan pelanggan
4.      Industri dimana perusahaan bersaing
       Untuk dapat terus bersaing, perusahaan membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal dan berkualitas. Juga peralatan dan perlengkapan yang memadai. Apa saja yang harus dikendalikan ada manajemen SDM, manajemen pemasaran, manajemen keuangan perusahaan, manajemen inovasi dll. Hal-hal yang dapat membantu manajemen seperti pemanfaatan sumber daya yang baik (bahan baku, energi, tenaga kerja), perolehan informasi yang selalu berkembang (update) dan dibutuhkan, pengontrolan yang baik, infrastruktur yang berinteraksi dengan lingkungan bisnis dan lingkungan masyarakat.
Contohnya adalah Perusahaan Samsung membuktikan dirinya bahwa ia mampu bersaing dengan Sony sebagai pemuncak industri teknologi di bidang elektronik Asia. Samsung telah membuka jalan bagi masa depan dunia elektronik. Hadirnya TV 3D pada 2010 membuat Samsung sebagai perusahaan industri pertama yang meluncurkan produk tersebut. Dengan segala perkembangan, Samsung telah diakui sebagai industri TV terbaik di dunia. Kemudian penggabungan teknologi di bidang telekomunikasi yang kini lebih populer dengan nama gadget. Peluncuran smartphone berbasis OS android dengan harga relatif terjangkau sukses membuat Samsung sekali lagi menggemparkan dunia. Satu gadget, dengan segala teknologi canggih di dalamnya. Di bidang pemasaran, Samsung mensponsori salah satu klub sepak bola besar di eropa.
Sistem Manajemen Dalam Perusahaan
Ada Tiga macam sistem manajemen dalam Perusahaan yaitu:
1.      Manajemen sumber daya manusia
       Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.

Tugas Manajemen Sumber daya Manusia (SDM)
·         Mempertahankan struktur karyawan dengan cara melakukan proses pengangkatan karyawan, melakukan wawancara dan juga melakukan pergantian tanggung jawab karyawan.
·         Rutin melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan dan melakukan identifikasi bagian-bagian yang ada dalam perusahaan yang memerlukan peningkatan.
·         Tetap mempertahankan struktur kerja jika dirasa struktur kerja tersebut telah maksimal membawa manfaat bagi perusahaan dan juga bagi karyawan.
2. Manajemen Produksi
  Manajemen Produksi dalam perusahaan ini berperapan berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.

Tugas Manajemen Produksi
·         Mengawasi pekerjaan yang dilakukan karyawan di bagian produksi
·         Bertanggung jawab terhadap jalannya proses produksi, jangan sampai terjadi               gangguan atau kecelakaan.
·         Bertanggung jawab terhadap kualitas hasil produksi.
3. Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.

Tugas Manajemen Keuangan
·     perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian dan     pencarian.
·     Sebagai penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan
·     Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode     
      tertentu.

Ø  Sistem organisasi
            Organisasi adalah kumpulan/sekelompok orang yg memiliki tugas masing-masing individu namun  saling bekerja sama demi mencapai tujuan yg telah ditetapkan. Di dalam organisasi tentu mempunyai tujuan, rule/aturan tersendiri, memiliki identitas yang jelas, memiliki struktur dan peranan serta adanya keterikatan satu sama lain. Unsur –  unsur organisasi antara lain manusia, lingkungan, kerja sama, peralatan dan manajemen organisasi.
Sistem organisasi dari perusahaan industri teknologi meliputi presiden direktur, pemilik saham (utama dan reguler), penanggung jawab regional perusahaan. Hal-hal yang diperlukan antara lain : Manusia dari perusahaan itu memiiki kinerja aktif, kerja sama yang baik di dalam tim, kerja sama perusahaan dengan perusahaan lain, menjunjung tinggi etika dan mematuhi aturan sehingga terjalin hubungan yang baik antara atasan dan anggota, penyebaran pabrik di berbagai wilayah.
Ø  Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam membangun sebuah perusahaan, adalah :
a.       Perencanaan (Planning)
b.      Pengorganisasian (Organizing)
c.       Pengarahan dan pengimplementasian (Directing/Leading)
d.      Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
1.      Fungsi Perencanaan (Planning)
Dalam membangun sebuah perusahaan fungsi dari perencanaan sangatlah penting. Karena menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan dating dan untuk menentukan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Ø  Adapun kegiatan yang dilakukan dalam Fungsi Perencanaan:
·   Menetapkan tujuan dan target bisnis
·   Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
·   Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
·   Menetapkan standar/indicator keberhasilan dalam pecapaian tujuan dan target bisnis


2.     Fungsi Pengorganisasian
Merupakan proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, system dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi.
Adapun kegiatan yang dilakukan dalam Fungsi Pengorganisasian:
·         Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan
          prosedur yang diperlukan
·         Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung
          jawab
·         Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan, dan pengembangan sumber daya
           manusia/tenaga kerja
·         Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
3.      Fungsi Pengarahan dan Implementasi 
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
Adapun kegiatan yang dilakukan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi:
·         Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi
          kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien daam pencapaian tujuan
·         Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
·         Menjelaskan kebijaksanaan yang ditetapkan
4.      Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
     Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Adapun kegiatan yag dilakukan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian:
·         Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan
          indicator yang telah ditetapkan
·         Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
·         Melakukan bebagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian
          tujuan dan target bisnis




Ø  Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi Perusahaan Salah satu faktor yang menunjang kemajuan perusahaan adalah struktur organisasi yang terdapat dan dipergunakan oleh perusahaan tersebut. Manfaat adanya struktur organisasi sebagai berikut :
a.       Menjelaskan dan menjernihkan persoalan mengenai pembatasan tugas, tanggung jawab, wewenang dan lain-lain.
b.      Sebagai bahan orientasi untuk pejabat.
c.       Penempatan pegawai yang lebih tepat.
d.      Penyusunan program pengembangan manajemen.
e.   Mengatur kembali langkah kerja dan prosedur kerja yang berlaku bila terbukti kurang lancar.
Komponen komponen yang diperlukan oleh suatu perusahaan baru, terutama di bidang multimedia dan informatika.
1.      Pemasaran dan Penjualan
Seringkali bisnis baru bangkrut karena divisi pemasaran dan penjualan loyo. Banyak yang merasa mampu membuat solusi multimedia dan informatika membuat usaha baru namun setahun kemudian tutup karena tidak dapat proyek. Tugas divisi ini adalah melakukan riset pasar, promosi, mencari prospek klien, melakukan presentasi sampai dapat menghasilkan proyek untuk perusahaan.
2.      Produksi
Meski demikian, sebaiknya agar setiap proyek dikelola oleh Manajer Proyek yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan proyek peluang bisnis baru. Manajer Proyek ini sifatnya temporer, ada ketika ada pekerjaan, sehingga tidak perlu ada di struktur organisasi. Namun dalam peluang bisnis baru, pekerjaannya Manajer Proyek membawahi seluruh tim produksi seperti desainer dan programmer sekaligus menjadi penghubung ke klien.
3.      Administrasi dan Keuangan
Divisi ini bertanggung jawab terhadap masalah legal, administrasi, pembuatan invoice, penagihan, pembayaran, dan masalah keuangan yang lainnya termasuk mengatur cash flow dan membayar gaji karyawan.
Ketiga divisi itu cukup dipegang oleh masing masing satu orang. Untuk Direksi dan Komisaris juga cukup satu saja. Perusahaan baru dalam memulai bisnis baru sebaiknya cukup mengkonsentrasikan pada tiga fungsi dasar tersebut. Bersamaan dengan pertumbuhan, jika dirasa perlu melakukan reorganisasi, lakukan saja.
Dalam membangun sebuah perusahaan baru perlu adanya sumber daya yang dapat menyokong perusahaan tersebut agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.
·  Sumber Daya Organisasi
·  Sumber Daya Manusia
·  Sumber Daya Informasi
·  Sumber Daya Fisik
·  Sumber Daya Keuangan
·  Sumber Daya Alam
            Teknologi Informasi telah mampu mengubah lingkungan bisnis menjadi dinamis dan berinteraksi dengan perkembangan teknologi informasi yang menyebabkan transformasi bisnis dan organisasi. Teknologi Informasi dalam perkembangannya telah mampu berperan sebagai katalisator untuk pembentukan dan penyusunan kembali organisasi dan berperan aktif sebagai agen perubahan yang dramatis untuk meperoleh perbaikan yang radikal dalam kinerja organisasi, baik dalam kualitas, biaya, pelayanan, dan kecepatan.Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.
Lima peranan mendasar teknologi informasi dalam struktur organisasi :
1.      Fungsi Operasional
2.      Fungsi Monitoring dan Control
3.      Fungsi Planning dan Decision
4.      Fungsi Communication
5.      Fungsi Interorganitatial

      Seorang Presdir (Presiden Director) dibantu oleh seorang CFO yang memimpin divisi ADM (Adminstration) dan 4 orang direktur dari Sales Division, OMS Division (Optical Media Solution) ,VD Division (Visual Display) dan AV Division (Audio Video).
1). Direktur OMS membawahi 6 departemen yaitu : 
a) PPC (Production Planning Control)
PPC Departemen dipimpin oleh seorang manager dan departemen ini
bertanggung jawab kepada masalah rencana produksi, rencana ekspor dan finish goods inventory.
b) QC (Quality Control)
Quality Control dipimpin oleh seorang General Manager dan departemen ini bertanggung jawab pada Quality material yang dikontrol oleh IQC section (Incoming Quality Control), Quality barang jadi yang dikontrol oleh OQC section (Outgoing Quality Control), pusat standard kerja dan Quality barang jadi di customers yang dikontrol oleh JQE (Join Quality Engineer).
c) Procurement
Procurement departemen dipimpin oleh seorang General Manager dan departemen ini membidangi masalah pembelian material dan consumable , material price, dan material control.
d) Produksi
Produksi departemen dipimpin oleh seorang General Manager dan departement ini bertanggung jawab dalam memproduksi material sampai menjadi barang jadi.
e) Engineering
Engineering departemen dipimpin oleh seorang General Manager dan
departemen ini mensupport produksi yang berhubugan dengan masalah teknik dan menganalisa masalah-masalah yang terjadi pada proses perakitan di departemen produksi.
f) R & D (Research and Development)
R & D departemen dipimpin oleh seorang General Manager dan departemen ini bertanggung jawab dalam melakukan penelitian dan pengembangan produk agar lebih baik sehingga produk yang dihasilkan mempunyai daya saing yang kompetitif baik dari segi kualitas maupun harga jual.
 2). CFO (Chief Finance Officer) yang memimpin divisi ADM (Adminstaration) yang dibantu oleh empat
     orang General manager untuk empat departemen, yaitu :
a) HRD/GA (Human Resources and Development/General Affair) Dipimpin oleh seorang General Manager yang membawahi Departemen HRD & GA pada divisi Administrasi.
b) IT (Information and Technology) Dipimpin oleh seorang General Manager yang membawahi Departemen IT pada divisi Administrasi.
c) EXIM (Export & Import) Dipimpin oleh seorang General Manager yang membawahi Departemen EXIM pada divisi Administrasi.
d) Accounting General Manager yang membawahi Departemen Accounting pada divisi Administrasi
3). Controlling ( Pengawasan)
     Merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat diperlukan dalam proses pencapaian tujuan perusahaan. Namun saja tidaklah cukup tanpa diiringi dengan kegiatan penilaian kinerja yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kompetensi dari masing-masing karyawan. Melalui kegiatan dan penilaian kinerja maka diharapkan kinerja karyawan akan meningkat. 
http://apriliadids.blogspot.co.id/2018/01/sistem-manajemen-dan-sistem-organisasi.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - jenis ulir dan fungsinya

Struktur Organisasi Dalam Mengambil Keputusan

Pemanfaatan Multimedia